Cara Jailbreak iOS 5.1.1 (Untethered)

Masa menunggu telah usai, iOS 5.1.1 kini telah bisa di-jailbreak secara ‘untethered’!

Untethered‘ sendiri adalah istilah dalam jailbreak yang berarti jika iDevice kalian (iPod/iPhone/iPad) mati atau kehabisan baterai tidak perlu lagi dihubungkan ke komputer untuk dilakukan ‘tethering‘ agar fungsi jailbreak dapat digunakan lagi. Dalam arti lain, iDevice kalian aman jika kehabisan baterai atau suatu saat ingin dimatikan ataupun melakukan ‘hard reset’.

Berikut petunjuk dalam melakukan jailbreak pada iOS 5.1.1.

Sebelum melakukan jailbreak, perhatikan dulu kondisi berikut:

1. Pastikan iOS pada iDevice kalian adalah iOS versi 5.1.1 (Settings > General > About). Jika belum, update dulu.

2. iDevice yang dapat di-jailbreak di sini adalah sebagai berikut:

– iPod Touch 3rd dan 4th gen.

– iPhone 3GS, 4 (GSM/CDMA) dan 4S.

– iPad 1, 2 dan 3rd gen.

3. Download software yang dibutuhkan (gratis):

– TinyUmbrella (Windows, Mac)

– Absinthe 2.0 (Windows, Mac)

– iTunes 10 (B*tch please)

Langkah 1: Simpan SHSH

Pastikan kalian menyimpan SHSH Blops iDevice kalian menggunakan TinyUmbrella. SHSH Blops ini akan dibutuhkan jika kalian ingin melakukan downgrade versi iOS kalian (siapa tau). Caranya adalah dengan menhubungkan iDevice kalian dengan komputer menggunakan kabel USB, jalankan aplikasi TinyUmbrella, dan klik menu “save SHSH” yang terdapat di sebelah kanan atas aplikasi. Jika sudah selesai, tutup aplikasi TinyUmbrella.

Tampilan Aplikasi TinyUmbrella

Langkah 2: Back Up Data

Dalam keadaan terhubung dengan komputer, jalankan aplikasi iTunes, di bagian Device summary ada kolom “Backup“, bisa kalian pilih antara iCloud atau data disimpan di komputer. Saya menyarankan data disimpan di komputer, karena selain prosesnya akan lebih cepat, ini juga menghindari kemungkinan back up gagal dikarenakan internet yang tidak stabil. Jika sudah selesai, tutup aplikasi iTunes.

Tampilan Kolom “Backup”

Langkah 3: Hapus Data (optional)

Jika proses back up telah selesai dilakukan. Saya merekomendasikan kalian untuk “membersihkan” iDevice kalian. Ini berguna agar proses jailbreak berjalan lebih lancar dan cepat.  Dengan catatan, jangan lakukan proses ini jika iDevice kalian sedang berada dalam kondisi ‘tethered jailbreak’. Cara untuk melakukan proses ini adalah: pada iDevice kalian, pilih aplikasi Settings > General > Reset – Erase All Content and Settings. Jika sudah, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Jailbreaking!

Tampilan Absinthe

Dalam keadaan iDevice terhubung dengan komputer melalui kabel USB, buka aplikasi Absinthe. Klik “jailbreak“, dan biarkan ia melakukan tugasnya. Proses ini kemungkinan akan memakan waktu sedikit lama, tunggu saja. Pada layar iDevice akan tertulis “Restoring in Progress“. Pastikan jangan sampai iDevice terlepas dari komputer. Tunggu sampai proses dinyatakan selesai dan layar iDevice kalian telah nyala seperti semula. Lihat di papan aplikasi (springboard), jika aplikasi “Cydia” ada dan dapat berfungsi, maka kalian baru saja berhasil men-jailbreak iDevice kalian sendiri.

Logo Aplikasi Cydia

Selamat!

Bagaimana menurut kalian mengenai jailbreak ini? Apakah terlalu sulit? Dan apa pendapat kalian mengenai jailbreak itu sendiri? Tulis komentar kalian di bawah!

Credits: tutorial ini mengacu pada artikel CultOfMac. Juga untuk orang-orang di balik greenpois0n.com.

Salam, Cydia!

2 thoughts on “Cara Jailbreak iOS 5.1.1 (Untethered)

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s