Apple Mengubah “Wi-Fi + 4G” Menjadi “Wi-Fi + Cellular” pada iPad Baru

Beberapa saat yang lalu Apple mengubah nama pilihan jaringan dalam penjualan iPad baru (3rd gen). Selain dijual dalam dua pilihan warna: hitam dan putih; dan berbagai ukuran: 16GB, 32GB, 64GB; iPad baru juga dijual dalam dua pilihan jaringan: Wi-Fi dan Wi-Fi + 4G. Kini Apple mengganti “Wi-Fi + 4G” menjadi “Wi-Fi + Cellular”.

Langkah ini dipercaya diambil oleh Apple dalam rangka merespon tanggapan publik intenasional terhadap kemampuan 4G yang dimiliki oleh iPad baru tersebut.

Seperti yang kita ketahui, pada peluncuran iPad baru di Australia mengakibatkan Apple harus mengganti uang para pelanggannya. Para pelanggan tersebut memprotes kepada Apple bahwa iPad WiFi + 4G yang mereka beli tidak dapat bekerja pada jaringan 4G maupun WiMax yang ada di Australia. Pelanggan-pelanggan tersebut menganggap Apple telah melakukan pembohongan publik karena fitur yang didapat tidak sesuai dengan yang diiklankan.

Ternyata kasus ini tidak saja ditemui di Australia. Beberapa negara lain, seperti Britania Raya (UK), juga memprotes produk termutakhir Apple tersebut dengan alasan yang sama.

Untuk mengatasi hal ini, maka Apple mengambil kebijakan mengubah ‘iming-iming’ 4G tersebut. Pada online store-nya, Apple menuliskan: “Connects to the Internet over Wi-Fi and fast cellular data networks — up to 4G LTE.” atau yang dalam Bahasa Indonesia kurang lebih: “Terhubung dengan Internet melalui jaringan Wi-Fi dan jaringan data selular cepat – hingga 4G LTE.” Dengan mengganti “4G” dengan “cellular” maka iPad tersebut lebih ‘aman’ dalam mengiklankan fitur 4G-nya.

Kebijakan ini juga dipercaya agar iPad baru tersebut dapat dengan mudah masuk ke negara-negara yang belum memiliki koneksi data 4G LTE, seperti Indonesia. Hingga saat ini, sudah puluhan hingga ratusan negara telah dimasuki oleh iPad baru, tetapi Indonesia termasuk yang belum dimasuki. Di antara negara besar di ASEAN, Indonesia juga termasuk yang terbelakang. Singapur, Thailand, Malaysia dan Vietnam termasuk yang sudah ‘memiliki’ iPad baru. Semoga dengan kebijakan yang diambil oleh Apple ini dapat memuluskan langkah iPad baru ini masuk ke Indonesia secara resmi.

Bagaimana pendapat kalian tentang kebijakan Apple ini? Apakah kebijakan ini sudah tepat atau belum? Tulis komentar kalian di bawah!

Salam, 4G LTE!

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s