Rangkuman Rumor iPhone Baru

Seperti yang kita ketahui, Apple sudah menyebarkan undangan para media untuk menghadiri event peluncuran seri smartphone terbaru mereka. Tanggal 4 Oktober 2011, di Cupertino markas Apple jam 10 waktu setempat, Apple mengajak tamunya untuk membahas iPhone dengan tajuk “Let’s Talk iPhone.

Undangan Apple kepada media

Sangat banyak rumor yang beredar tidak lama setelah iPhone 4 diluncurkan tahun lalu. Sangat banyak sehingga membuat bingung rumor mana yang benar. Di bawah ini adalah rumor-rumor mengenai iPhone baru yang paling mungkin terjadi:

Model

Rumor mengatakan bahwa Apple akan mengeluarkan dua jenis iPhone sekaligus, dua model tersebut adalah iPhone 5 dan iPhone 4s. iPhone 5, dari namanya, berarti akan ada all new design dan teknologi. Sementara itu, iPhone 4s akan mungkin akan keluar dengan kapabilitas yang baru, contohnya sebuah kerja sama dengan operator yang baru (Sprint) dan beberapa fitur yang baru. Untuk mendukung rumor tentang keluarnya iPhone 4s ini, Apple sendiri yang pada iTunes 10.5 versi beta kesembilan yang mereka kirimkan kepada developers membocorkan tentang keberadaan iPhone 4s.

Desain & Spesifikasi

Banyaknya produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat pelindung iPhone membuat rumor ini makin kuat. Bahwa iPhone baru akan 33% lebih tipis daripada iPhone 4. Juga dengan adanya sedikit lengkungan di bagian belakang dipercaya bahwa iPhone baru ini akan memiliki shape yang seperti itu. Layar monitor iPhone 5 juga dipercaya akan lebih lebar daripada iPhone 4 untuk mendukung multi-touch gesture yang ada di iOS 5 dengan ukuran 4 inchi.

iPhone 5 juga dipercaya akan memiliki kamera dengan lensa 8 MP, setelah Apple menandatangani kontrak kerjasama dengan Sony untuk memproduksi kamera pada iPhone beberapa waktu lalu. iPhone juga akan menggunakan prosesor A5 buatan Apple sendiri dengan RAM sebesar 1GB, juga Apple akan memasang chip Qualcomm pada iPhone 5 yang berarti iPhone tersebut dapat berfungsi baik untuk operator jaringan GSM maupun CDMA.

Software

Seperti kita ketahui, Apple telah mengumumkan tentang iOS 5. Dan sudah hampir dipastikan bahwa iPhone terbaru akan memiliki iOS 5 yang sudah ter-install di dalamnya. Salah satu fitur di iOS 5 adalah PC-free, yang artinya segala iDevice (gadget yang menggunakan iOS) tidak perlu lagi disambungkan dulu ke iTunes baru bisa digunakan seperti sebelumnya, melainkan dapat langsung digunakan setelah dikeluarkan dari kotaknya.

Berikut adalah beberapa fitur utama pada iOS yang telah diumumkan oleh Steve Jobs pada event WWDC 2011 beberapa bulan lalu:

  • Notification Centre: semua notifikasi yang ada di iPhone akan terintegarsi pada satu tempat ini
  • iMessage: fitur chatting antar sesama pengguna iOS, yang berarti sesama pengguna iPhone/iPad/iPod Touch dapat melakukan percakapan seperti BlackBerry Messenger, layanan teks tidak terbatas yang bekerja melalui jaringan Wi-Fi dan/atau 3G (BBM tidak bisa melalui jaringan Wi-Fi).
  • Newsstand: sama seperti kios koran/majalah di pinggir jalan, Newsstand akan menyimpan semua majalah/koran langganan kita pada satu rak. Untuk memulai langganan pada majalah/koran tersebut dapat dilakukan melalui App Store yang sudah terintegrasi di dalamnya.
  • Reminders: iDevices kita akan mengingatkan kita apa pun yang kita minta diingatkan olehnya dengan cara canggih. Misalnya saat kalian keluar kota, orang tua kalian minta kalian untuk menelpon mereka sesaat kalian tiba di kota tujuan, Reminders akan mengikatkan kalian untuk menelpon orang tua kalian sesampainya kalian di kota tujuan setelah kalian menunjuk lokasi di mana kalian ingin diingatkan. Reminders akan mengeluarkan notifikasi yang akan muncul di halaman utama iDevices kalian.
  • Twitter: kini Twitter terintegrasi langsung pada iDevice sehingga untuk melakukan tweet kita tidak perlu masuk ke aplikasi Twitter dahulu, melainkan langsung menunjuk tombol tweet yang ada pada semua aplikasi iOS.
  • Camera: fitur kamera di iOS 5 akan lebih canggih. Kita bisa langsung mengakses kamera pada halaman screen lock dengan memilih icon kamera. Selain itu, tombol untuk menaikkan volume suara yang ada di sebalah kiri atas iPhone bisa digunakan sebagai tombol shutter untuk mengambil gambar.
  • Photos: kita dimungkinkan untuk langsung meng-edit foto langsung pada aplikasi Photos. Dengan hanya memilih gambar, kita langsung bisa memperbaik foto kita (auto-enhance), memotong foto (crop) dan menghilangkan efek mata merah yang biasa terdapat pada foto di tempat gelap.
  • Safari: web browser andalan Apple kini memungkinkan kita untuk membaca sebuah artikel di internet tanpa gangguan iklan atau tautan-tautan lainnya, hanya gambar dan tulisan isi artikel. Safari di iOS juga kini mempunyai tab sehingga tidak perlu berpindah halaman untuk mengakses halaman lainnya, cukup pilih tab.
  • PC Free: seperti yang telah dijelaskan di atas, PC Free berarti device tersebut dapat langsung digunakan sejak dikeluarkan dari boksnya.
Beberapa fitur lain juga ada seperti perbaikan pada aplikasi Mail dan Calendar dan Game Center. Juga ada Wi-Fi Sync yang memungkinakan kita untuk mensinkronkan iDevices kita dengan komputer Mac melalui satu jaringan Wi-Fi. Kemudian multi-tasking gesture juga akan bisa dilakukan pada iPad. Lalu AirPlay Mirroring for iPad 2, yang berarti para pengguna iPad 2 dapat menyiarkan apapun yang ada pada iPad mereka pada sebuah HDTV melalui Apple TV, ini berguna untuk audiens yang banyak seperti ruang kelas dan sebagainya. Semua fitur ini baru hanya sebagian, berikutnya akan ikut pada acara peluncuran iPhone ini.
Fitur baru yang dikabarkan akan ikut dalam peluncuran iPhone ini adalah Assistant. Ini adalah fitur perintah suara (voice command) yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan iPhone kita. Assistant dapat mengenal apa yang kita bicarakan padanya dan dikonversi ke dalam teks. Kemudian Assistant akan menjawab perintah kita sesuai apa yang kita minta.
Contohnya, kita memerintahkan Assistant dengan mengucapkan kalimat dalam bahasa yang dia kenal, bahasa Inggris misalnya, “carikan nomor telepon [nama orang],” maka Assistant akan mengeluarkan nomor telpon yang kita cari atau “film apa yang ada di bioskop di kota saya saat ini?” maka Assistant akan mengeluarkan daftar film yang ada di bioskop di kota kita lengkap dengan jadwalnya. Contoh lain, “saya ingin makan malam dengan suasana romantis dengan hidangan Italia,” maka Assistant akan mengeluarkan daftar restoran yang menghidangkan hidangan Italia dengan suasana yang romantis. Dan jika kita sudah tau restoran yang kita tuju, kita juga dapat memesan tempat langsung melalui iDevices kita dengan memerintahkan Assistant untuk melakukannya, yaitu dengan bilang padanya “saya ingin memesan tempat di restoran [nama restoran] untuk dua orang jam 7 malam ini,” maka si Assistant akan mengeluarkan konfirmasi atas perintah yang kita masukkan melalui suara tadi.
Jelas, fitur ini mungkin tidak begitu berfungsi secanggih itu di Indonesia mengingat masih jarangnya tempat usaha/layanan yang menggunakan media sosial dalam proses bisnis mereka seperti di Amerika Serikat.
Untuk memperkuat rumor mengenai Assistant ini, sebenarnya pada tahun 2010 ada sebuah aplikasi iOS yang bernama Siri yang berfungsi sama dengan Assistant ini. Aplikasi ini yang, kabarnya, oleh Steve Jobs minta untuk dihentikan penjualannya di iTunes App Store untuk kemudian dikembangkan oleh Apple yang kini disebut sebagai Assistant. Penundaan dikeluarkannya aplikasi atau fitur ini pada iOS sebelum iOS 5 dipercaya karena fitur ini akan berfungsi secara optimal pada device yang menggunakan prosesor A5 dan RAM sebesar 1 GB, yang mana dipasangkan pada iPhone 5.
Tapi tahan. Ini semua masih rumor sampai akhirnya diumumkan secara resmi oleh Tim Cook di keynote pertamanya sebagai CEO Apple setelah Steve Jobs mundur kurang lebih dua bulan lalu. Semoga dapat memuaskan seluruh Apple fanboy di dunia.
Salam, Apple fanboy! 
NB: Semua rumor ini dirangkum dari sumber yang berbeda-beda.

One thought on “Rangkuman Rumor iPhone Baru

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s