Twitter Melakukan Filtering Pada Media Di Timeline

Twitter telah menambahkan beberapa pilihan dalam melakukan filtering media yang berseliweran di timeline kita.

Pada halaman Settings di twitter.com, pada tab Acccount, terdapat kategori baru dalam pilihan pengaturan yang ada. Pilihan baru tersebut bernama “Tweet Media.

Pada pilihan tersebut dijelaskan bahwa secara otomatis kita dapat melihat media yang di-tweet oleh orang-orang yang kita follow. Sebagai tambahan, kita juga dapat memilih agar Twitter juga memperlihatkan media yang di-tweet oleh orang yang tidak kita follow, dan juga agar memperlihatkan media yang mungkin bersifat sensitif. Di bawahnya juga kita dapat memberi tahu Twitter bahwa media yang kita tweet adalah media yang bersifat sensitif.

Media (foto/video/link) yang bersifat sensitif di atas maksudnya adalah media-media yang kiranya berisi konten yang sensitif bagi beberapa orang, kalangan atau usia.

Contohnya jika ada seorang dokter bedah yang ingin me-tweet foto/videonya dalam melakukan proses pengoperasian pada pasiennya, jelas bagi beberapa orang gambar yang akan dilihat tersebut dapat bersifat sensitif bagi mereka, yakni timbul ketidaknyamanan (mual dan sebagainya) ketika mereka melihat gambar tersebut. Hal itu yang ingin dihindari oleh Twitter demi kenyamanan penggunanya. Contoh lain yang bisa diambil adalah misalnya foto-foto vulgar atau berunsur pornografi yang tidak baik jika dilihat oleh anak di bawah umur, juga termasuk media yang sensitif.

Cara kerja dari fitur Twitter ini adalah dengan memberikan peringatan bagi penggunanya dengan memberi tahu bahwa media yang mereka klik adalah media yang munkin bersifat sensitif bagi mereka, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Langkah ini sangat bijak diambil oleh Twitter, dengan memberikan penggunanya kemampuan untuk mengontrol jenis-jenis media yang mereka, atau anak-anak mereka, akses. Ini akan membuat mereka dapat menggunakan Twitter tanpa perasaan takut atau cemas akan kejutan yang tidak mengenakkan ketika mereka mengklik sebuah tautan yang tidak jelas.

Salam, parental advisory!

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s