Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2014 – Zona Asia

Drawing untuk menentukan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 telah dilakukan di ibu kota penyelenggara, Rio de Janeiro, Brazil, pada hari Sabtu pukul 3 sore waktu setempat (Minggu subuh WIB). Acara yang juga diisi dengan beberapa musisi lokal dari Brazil tersebut bisa dibilang cukup meriah. Acara dimulai dengan sambutan dari Presiden Fifa, Sepp Blatter, kemudian dilanjutkan dengan pidato sambutan dari Presiden Brazil, Dilma Rousseff. Kemudian langsung dilanjutkan dengan acara utama yaitu drawing kualifikasi Piala Dunia 2014 yang dipandu oleh Sekretaris Jendral Fifa, Jérôme Valcke.

Drawing dimulai dengan pengundian intercontinental play-offs yang mempertemukan wakil dari Asia akan bertemu dengan wakil dari Amerika Selatan, kemudian wakil dari Amerika Utara, Tengah dan Karibia akan bertemu wakil dari Oceania. Setelah itu dilakukan drawing untuk zona Afrika yang bisa kalian baca di sini. Setelah itu dilakukan drawing untuk kualifikasi Round 3 zona Asia, di mana Indonesia mengambil tempat.

Untuk Round 3 zona Asia, 15 pemenang dari Round 2 (termasuk Indonesia yang mengalahkan Turkmenista dengan agregate 5-4) bergabung dengan 5 tim lain yang menerima kebijakan bye, yaitu Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Australia dan Bahrain. Maka total semuanya ada 20 tim yang akan berlaga di Round 3.

Keduapuluh tim tersebut dibagi dalam 5 grup yang berisikan masing-masing 4 tim. Sebelumnya mereka dibagi dalam 4 pot untuk menentukan posisi mereka dalam grup (berada di pot 1 berarti akan berposisi nomor 1 di grup, pot 2 berposisi nomor 2 di grup, dan seterusnya). Untuk menentukan pot tersebut, keduapuluh tim tersebut diurutkan berdasarkan ranking mereka di Fifa/Coca-Cola World Ranking yang dirilis bulan Juli 2011, kemudian mereka dibagi dalam 4 pot, Indonesia yang berada di nomer 137 pada ranking tersebut berada di pot 4. Drawing dimulai dengan mengisi grup A berurutan hingga grup E.

Berikut adalah hasil drawing untuk kualifikasi Round 3 zona Asia:

Juara dan runner-up dari masing-masing grup akan maju ke putaran berikutnya, yaitu Round 4. Kesepuluh tim tersebut akan dibagi dalam 2 grup dengan masing-masing 5 tim tiap grup. Mereka akan bertanding dengan sistem kompetisi round-robin dan home-and-away. Pertandingan pada Round 4 ini akan berlangsung dalam jenjang waktu antara 3 Juni 2012 dan 18 Juni 2013. Juara dan runner-up dari kedua grup tersebut akan secara otomatis masuk ke dalam putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil. Untuk waktu, lokasi dan prosedur drawing untuk Round 4 ini akan ditentukan oleh Komite Organisasi Piala Dunia 2014 di akhir Round 3.

Sementara itu, kedua tim yang berada di posisi tiga dari masing-masing grup akan memainkan 2 laga home-and-away  pada Round 5 yang akan diberlangsungkan antara tanggal 6-10 September 2013, untuk kemudian pemenangnya akan maju pada putaran intercontinental play-offs, yang menurut hasil drawing, wakil dari Asia ini akan bertemu dengan wakil dari zona Amerika Selatan.

Perjalanan jauh bagi Indonesia dalam merangkai mimpi menuju putaran final Piala Dunia. Tidak ada yang tidak mungkin.

Salam, optimistis!

About these ads

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s