Bagaimana Memulihkan Akun Twitter Yang Terkena Phishing

Akun Twitter kalian tiba-tiba mengirim tweet sendiri tanpa kalian ketik?

Tweet-nya berisi ajakan atau iklan sebuah produk atau layanan dengan memberikan tautan (link) di akhir tweet seperti ini:

Twitter spam

Pesan dari akun Twitter yang terkena phishing

atau ini:

twitter spam

Tweet yang berisi ajakan ternyata merupakan jebakan

atau pernah dikirimi Direct Message seperti ini:

twitter spam

Direct Message yang dikirim tanpa sepengetahuan pengirim

Itu artinya akun Twitter kalian (atau akun yang mengirimi direct message) terkena phishing atau pengelabuan.

Klik tautan berikut untuk penjelasan mengenai phishing menurut artikel Wikipedia -> Phishing

Awal mula sebuah akun terkena phishing ini adalah karena penggunanya dengan sengaja/tidak sengaja mengklik sebuah tautan yang sama atau mirip dengan gambar screenshot di atas. Biasanya karena si pengguna tidak tahu bahwa tautan tersebut bekerja dengan masuk ke akunnya dan mengambil informasi pentingnya berupa password akun tersebut. Teknik hacking ini tidak ketahuan sampai akun tersebut beraksi dengan secara otomatis mengirimkan pesan berupa tweet dan direct message seperti contoh yang ada di atas.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat ditempuh demi memulihkan akun Twitter yang terkena hack tersebut.

Langkah pertama adalah dengan melakukan revoke access. Biasanya pengoperasian hacking tersebut dikenali oleh Twitter sebagai aplikasi, jadi langkah yang akan diambil adalah dengan me-revoke atau memutuskan hubungan akses terhadap aplikasi tersebut.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Log in akun Twitter versi web (http://www.twitter.com) melalui browser di komputer, atau bisa juga melalui mobile browser ponsel, namun pastikan untuk mengganti ke versi standart, yang pilihannya berada di paling bawah halaman (m.twitter.com).

2. Setelah log in klik menu Settings. Jika kalian menggunakan Twitter.com versi baru, klik username kalian yang ada di pojok kanan atas halaman, menu Settings tersebut ada di sana. Namun jika kalian masih menggunakan Twitter.com versi lama, maka menu Settings  berada di antara pilihan yang ada di atas halaman, terletak persis di samping tombol log out.

3. Di halaman Settings, terdapat beberapa tab, pilih tab “Application” seperti yang ada di gambar di bawah ini:

Settings page

Tab yang ada di halaman Settings

4. Yang berada di sana adalah daftar aplikasi-aplikasi yang kalian ijinkan untuk mengakses akun Twitter kalian. Yang kalian harus lakukan sekarang adalah cari di antara daftar tersebut nama aplikasi yang tidak kalian kenal, setelah yakin, maka klik “Revoke Access” yang terletak sejajar dengan nama aplikasi tersebut.

5. Setelah itu, kalian bisa meninggalkan halaman Settings tersebut. Namun untuk memastikan bahwa akses aplikasi asing tersebut telah diputus, tidak ada salahnya jika kalian mengecek kembali ke halaman Settings tersebut. Lalu selesai.

Setelah melakukan langkah di atas, kadang masih belum mampu untuk benar-benar memutus akses aplikasi tersebut kepada akun Twitter kalian, ini ditandai dengan biasanya pesan spam dalam bentuk tweet atau direct message masih muncul atau dikirim secara diam-diam tanpa sepengetahuan si yang punya akun.

Maka langkah berikutnya yang harus kalian tempuh adalah mengganti password akun Twitter kalian.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Pada halaman Settings tadi, pilih tab “Password.”

2. Isi kolom yang diminta; “Current Password” adalah password yang kalian gunakan sekarang, “New Password” adalah password baru yang ingin kalian gunakan, kemudian “Verify New Password” adalah mengisi ulang password baru yang ingin digunakan, ini berguna agar menghindari kemungkinan kalian salah ketik dalam memasukkan password yang baru.

3. Setelah itu klik “Change,” lalu selesai.

Perlu kalian ingat, bahwa dengan mengganti password ini maka kalian diharuskan untuk melakukan log in kembali dari setiap aplikasi (TweetDeck, ÜberSocial, Echofon dan lain-lain) yang kalian gunakan baik itu di ponsel, tablet ataupun desktop. Ini merupakan prosedur keamanan dari Twitter untuk mengverifikasi pengguna akun Twitter agar tidak terjadi pembajakan akun.

Twitter sendiri telah berinisiatif untuk me-reset semua password akun-akun yang diduga terkena hack tersebut. Namun, untuk menunggu Twitter me-reset password kita tentu merupakan hal yang tidak jelas kapan terjadi mengingat ratusan juta akun Twitter yang ada dan yang terkena hacking tersebut pun jumlahnya tidak sedikit. Kalau bisa suap sendiri kenapa harus menunggu disuap orang lain?

Nih, kalau kata Twitter di akun tentang keamanannya:

Safety

Let's educate people!

Untuk selanjutnya, silahkan follow akun resmi dari Twitter tentang keamanan di @safety atau @spam untuk pantauan terhadap spam.

Salam diet!

10 thoughts on “Bagaimana Memulihkan Akun Twitter Yang Terkena Phishing

  1. Twitter saya sama ka seperti permasalahan yang ada diatas . Namun saya sudah tidak bisa masuk ke akun twitter saya yang terkena hack . Saya sudah jebol melalui email namun setelah saya verifikasi malah terbuka akun twitter baru , bagaimana dong ka caranya .. Tolong pencerahannya dong ka .. Saya masih newbie .. Terimakasih atas jawabannya ..

  2. terimakasih atas post-nya , saya juga mengalami permasalahan seperti diatas , tapi bedanya punya saya sudah tidak bisa dipakai lagi , saya pakai pasword lama malah sudah tidak bisa , tolong dong ka pencerahannya ,, saya masih newbie di dunia twitter .. tolong ya ka Comment🙂 makasih

  3. terima kasih banyaak, very helpful. 2 minggu ini sangat terganggu karna tiba2 akun twitterku me retweet sendiri berupa video video porno dan lainnya

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s