Google+: Petunjuk Lengkap

Google+ adalah sebuah jejaring sosial yang paling baru milik perusahaan Google. Produk ini dibuat untuk bersaing dengan Facebook dan Twitter yang sudah lebih dulu menguasai dunia jejaring sosial. Walaupun keanggotaannya masih tertutup untuk publik, tapi Google+ dalam tiga minggu sejak diluncurkan sudah mempunyai lebih dari 10 juta user di seluruh dunia. Bahkan banyak dari user tersebut hanya memiliki akun di Google+ tapi belum terlalu aktif menggunakannya karena kurangnya pengetahuan dalam pengoperasian dalam memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Google+ sampai saat ini.

Di tulisan ini akan dibahas mengenai fitur-fitur apa saja yang ada di Google+, juga beberapa panduan dalam memaksimalkan Google+ dalam aktivitas jejaring sosial penggunanya. Berikut adalah panduan lengkap mengenai Google+.

Pertama: Pengenalan Terhadap Google+

Google+ adalah buah usaha perusahaan Google untuk menyaingi rivalnya Facebook dalam hal jejaring sosial. Google meluncurkna Google+ pada tanggal 28 Juni 2011. Proyek ini dipimpin oleh Vic Gundotra, Google Senior Vice-President of Social. Jejaring sosial ini adalah sebuah gabungan dari beberapa produk sosial. Fitur-fiturnya termasuk Stream (newsfeed), Spark (sebuah mesin rekomendasi), Hangouts (layanan video chat), Huddle (layanan text chat bergrup), Circles (layanan pengelompokan teman) dan Photos.

Dalam tulisan ini akan dibahas semua mengenai fitur-fitur tersebut. Google memilih nama Google+ karena Google menginginkan Google+ sebagai “ekstensi dari Google itu sendiri,” Gundotra menjelaskannya pada Mashable beberapa hari sebelum peluncuran Google+.

Ini bukan usaha pertama Google dalam bersaing di bidang jejaring sosial internet. Sebelumnya Google sudah memiliki Orkut dan yang paling sukses adalah YouTube. Walaupun begitu, Google juga pernah gagal dalam dua produk jejaring sosialnya terdahulu, yaitu Google Wave dan Google Buzz.

Kedua: Screenshot dari Google+

Berikut adalah tampilan layar Google+:

This slideshow requires JavaScript.

Ketiga: Memulai Google+

Untuk sementara, hanya yang dikirimi “undangan” saja yang dapat menggunakan Google+. Dalam hal ini, kalian bisa meminta teman kalian yang sudah lebih dulu menggunakan Google+ untuk mengirimkan kalian invitasi tersebut. Kalian harus menggunakan akun Gmail untuk memulai menggunakan Google+. Ini hanya bersifat sementara sampai nanti pada waktunya Google merilis Google+ untuk secara umum digunakan.

Ketika kalian sudah mendapatkan e-mail invitasi tersebut, buka e-mail tersebut lalu klik di tulisan “Learn More”, kemudian kalian akan dibawa ke halaman yang meminta kalian untuk mengisi informasi pribadi kalian seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan foto untuk dijadikan tampilan identitas kalian dalam Google+, setelah itu klik chekbox yang ada untuk menyetujui layanan Google untuk menggunakan informasi kalian. Lalu klik “Join.”

Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman beranda (home) Google+ kalian. Di sana akan ada beberapa panduan pengenalan dari Google untuk kalian yang bisa kalian langsung pelajari sendiri. Berikut adalah perintah standar dan syntaxyang dapat kalian gunakan dalam menggunakan Google+ kalian.

  1. Pada kolom “Share what’s new…” kalia dapat membuat efek tulisan pada kata-kata yang kalian tulis (bold, Italic, striketrough). Untuk memberikan efek tebal (bold), kalian tinggal mengetik kata tersebut ditemani dengan tanda bintang (*) yang menempel di sebelah kanan dan kiri kata tersebut. Contohnya, jika kalian ingin mengetik kata “Google” dengan efek tebal, maka dalam kolom tersebut kalian mengetiknya dengan “*Google*”. Cara yang sama bisa kalian gunakan untuk efek huruf miring (italic) dan garis coretan pada kata (striketrough) dengan format masing-masing “_kata_” untuk italic dan “-kata-” untuk striketrough.
  2. Kalian juga dapat menambahkan foto, video ataupun tautan (link) pada post kalian hanya dengan melakukan teknik drag and drop. Drag item yang kaian ingin tambahkan (foto/video/tautan) ke dalam kolom “Share what’s new…” kemudian secara otomatis item  akan terunggah pada kolom tersebut.
  3. Circles adalah seperti Following dalam Twitter. Orang-orang tersebut tidak harus mem-follow kalian.
  4. Mention seseorang atau lebih dengan menambahkan tanda “@” atau “+” yang ditempel dengan nama orang yang ingin di-mention tersebut.
  5. Mengirim pesan pribadi pada seseorang dengan cara hanya mengatur orang yang ingin kalian share pada kolom share, di bawah kolom Share what’s new…
  6. Pada kolom share, terdapat dua macam warna button: hijau dan biru. Pada button berwarna hijau dengan tulisan “Public, jika kalian memilih button ini, maka post kalian dapat terbaca oleh semua orang termasuk orang-orang yang tidak ada di Circles kalian. Kemudia yang warna biru dengan tulisan “Friends” atau nama Circles ataupun nama individu yang ingin kalian bagi, jika kalian memilih button ini, maka post kalian hanya akan terbaca oleh orang-orang yang ada di Circles tersebut maupun individu. Kecuali post tersebut di-share secara publik.
  7. Hotkeys: Spacebar = untuk men-scroll halaman Stream ke bawah. Shift+Spacebar = men-scroll halaman Stream ke atas. J = meluncur turun satu post. K = meluncur naik satu post. Q = lompat ke layanan chat. Return (Enter) = untuk memulai memberikan komentar pada sebuah post. Tab + Return (Enter) = untuk mengakhiri komentar.
  8. Untuk menghindari orang-orang dalam membagi ulang post kalian, klik tanda panah ke bawah yang ada di ujung kanan atas pada post kalian lalu pilih “Disable reshare.
  9. Mengklik “+1” pada sebuah post adalah sama seperti “Like” pada Facebook. Mengklik “+1” itu lagi akan secara otomatis membatalkan +1 kalian.
  10. Mengklik “+1” pada sebuah post di Google+ tidak akan memasukkannya pada daftar +1 Anda di Google+. Itu hanya berfungsi jika kalian mengklik sebuah “+1” di web (di luar Google+).

Keempat: Profiles

Ketika kalian telah berhasil men-set-up akun Google+ kalian, hal pertama yang sebaiknya kalian lakukan adalah mengisi profil kalian. Jika kalian telah pernah membuat Google Profile sebelumnya, data-datanya akan secara otomatis masuk ke Google+ kalian. Pada Profile, kalian pertama-tama akan diminta untuk mengisi detil-detil penting, contohnya motto hidup kalian (iye, motto hidup), pekerjaan kalian ataupun pendidikan yang pernah kalian jalani.

Kalian juga diberikan pilihan untuk memilih profle picture kalian. Ketika kalian telah selesai dengan ini, kalian akan diberikan kesempatan untuk memperkaya isi Profiles kalian yang lainnya. Detil-detil seperti “Introduction”, “Bragging rights,” ini seperti prestasi atau pencapaian kalian selama hidup, kemudian “Occupation”, “Employment”, “Education”, “Places Lived”, “Relationship”, “Looking for”, “Other names”, “Nickname” dan “Search visibility.” Di sebelah kanannya, kalian dapat menambahkan tautan yang mempunyai hubungan dengan kalian. Biasanya orang-orang menggunakannya untuk mencantumkan alamat Twitter, Facebook atau blog mereka.

Ketika di halaman Profile, kalian juga dapat mengubah beberapa pengaturan privacy kalian. Kalian dapat memperbolehkan orang-orang untuk mengirimi kalian e-mail dari tautan yang ada di Profile kalian, kalian dapat mengatur ini secara umum, priviate atau di antara Circles kalian.

Profile kalian juga akan menampilak post yang telah kalian buat dan siapa yang telah memasukkan kalian ke dalam Circle-nya. Kalian dapat mengatur setting-an privacy-nya di sebelah kiri dari Profile kalian untuk menentukan bahwa data tersebut bisa diakses secara umum atau tidak.

Kelima: Circles

Ini dia, fitur utama Google+ yang paling banyak membuat orang bingung. Sebenarnya ide dasar dari Circles ini adalah untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat post kalian. Dengan mengelompokkan orang-orang dalam Circles, maka kalian dapat memilih oleh siapa saja post tersebut dapat dibaca.

Keluarga kalian di Circle “family”, bos kalian di Circle “business” atau teman kalian di Circle “friends.” Kalian dapat membuat Circle baru sebanyak yang kalian inginkan dan menentukan sendiri nama Circle tersebut. Untuk menambahkan seorang teman ke dalam Circle, yang perlu kalian lakukan hanyalah drag and drop nama mereka ke Circle yang kalian inginkan. Kalian dapat memasukkan teman sebanyak mungkin ke dalam sebuah Circle.

Kalian juga dapat memilih beberapa orang langsung ke dalam sat Circle dalam sekali drag and drop saja. Untuk mengeluarkan atau menghapus seseorang dari Circle kalian, kalian dapat melakukannya dengan cara drag and drop mereka ke luar dari Circle-nya. Mengklik sebuah Circle akan memberikan kalian kontrol dalam menambahkan dan memindahkan seseorang dari Circle kalian.

Kalian juga dapat mengganti nama Circle tersebut dan menambahkan sedikit deskripsi tentang Circle kalian tersebut, juga melihat Stream dari orang-orang yang ada di dalam Circle tersebut, kemudian kalian juga dapat membuka Circle kalian dalam sebuah tab dan juga menghapus Circle kalian.

Mengatur Circles sangat penting dilakukan di awal-awal pembuatan akun Google+ agar kemudian kalian akan nyaman dalam menggunakan Google+ ini. Mengapa? Karena dengan berbagi post yang berbeda tentu kalian perlu mengatur siapa saja yang dapat melihat post kalian tersebut.

Tidak mungkin kalian berbagi foto konyol Anda di Google+ dan tanpa sengaja juga dapat dilihat oleh bos kalian. Dengan Circles, kalian dapat menentukan bahwa jika kalian mem-post sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan kalian, maka Google+ akan memastikan bahwa post tersebut hanya akan dapat dilihat oleh orang-orang yang kalian “ijinkan” untuk dapat melihat post tersebut, dalam hal ini mungkin orang-orang yang ada di dalam Circle “business” kalian.

Keenam: Stream

Jika kalian pengguna Facebook, pasti kalian tidak asing dengan tampilan newsfeed Stream yang ada pada Google+ ini. Di sini akan ditampilkan post-post dari orang-orang yang kalian masukkan ke Circles kalain, baik itu berupa status, foto, video ataupun lokasi mereka yang mereka bagi dengan kalian.

Tentu ada perbedaan Stream pada Google+ dan News Feed milik Facebook. Post milik teman kalian akan otomatis lompat naik ke barisan paling atas tergantung pada post mana yang paling terakhir dikomentari, walaupun secara berkala post yang lama akan terkubur dan hilang dari Stream. Bukannya “menyukai” sebuah post, pada Google+ yang berfungsi adalah “+1.”

Secara konsep ini sama dengan sistem “Like” pada Facebook. Kalian juga membagi ulang sebuah post dengan Circles kalian atau me-”mute”-nya jika kalian anggap post tersebut mengganggu kalian. Meng-update status kalian dapat kalian lakukan dengan sangat mudah, yang perlu kalian lakukan hanyalah dengan mengetik status kalian pada kolom “Share what’s new…” kemudian pilih siapa saja yang dapat membaca status kalian.

Kalian dapat membaginya dengan “Public” (semua orang yang mengikuti kalian) atau hanya membaginya dengan beberapa Circles yang kalian tentukan. Sebagai tambahan pada teks yang akan kalian bagi, kalian juga dapat berbagi foto, video dan tautan mengenai lokasi kalian. Seperti Facebook, Google+ juga dapat mendeteksi tautan yang kalian masukkan dan membiarkan kalian memilih sendiri thumbnail yang ingin kalian tampilkan.

Di sebelah kiri pada layar Stream, terdapat daftar Circles kalian, pilihan ini merupakan sebuah filter untuk kalian agar dapat menentukan post dari Circles yang mana yang ingin Google+ tampilkan pada Stream untuk kalian. Di bawahnya, ada Spark, yang mana akan dijelaskan nanti. Kemudian di bawahnya juga ada pilihan untuk mengaktifkan Google Chat untuk akun Google+ kalian.

Di sebelah kanan pada layar Stream, terdapat tautan-tautan untuk mengatur Circles kalian, juga tempat di mana Google memberikan saran orang-orang yang dapat kalian masukkan pada Circles kalian, sesuai dengan Google Contacts kalian dan siapa yang teman kalian “follow.” Kemudian di bawahnya ada pilihan untuk melakukan Hangout, sebuah layanan video chat dari Google+, yang akan dijelaskan nanti pada tulisan ini.

Kalian juga dapat mengajak teman kalian untuk bergabung dengan Google+ pada pilihan “Send Invite”  yang berada di bawah pilihan untuk mendapatkan Google+ dalam mobile device kalian.

Ketujuh: Sparks

Google menyediakan fitur Spark sebagai alat rekomendasi yang canggih untuk kalian. Spark dapat menemukan hasil terbaru dan paling relevan sesuai dengan kata kunci yang kalian masukkan. Misalnya kalian memasukkan kata kunci “Google Android,” maka secara otomatis Spark akan memberikan kalian tautan yang relevan mengenai Google Android. Seperti misalnya penjelasan tentang Google Android hingga berita-berita terbaru yang berseliweran di internet yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Google memberikan pilihan topik-topik untuk kalian cari, juga pilihan untuk kalian dalam menentukan apa yang ingin kalian ketahui lebih banyak. Kalian juga dapat menambahkan kata kunci yang kalian cari ke dalam bagian navigasi di sebelah kiri untuk akses yang mudah kapan pun kalian inginkan. Spark juga memungkinkan kalian untuk membagi sebuah konten yang kalian temukan kepada Circles kalian.

Kedelapan: Hangouts

Hangouts bisa jadi merupakan killer feature yang tidak dimiliki oleh jejaring sosial lainnya. Hangouts tersebut bagaikan sebuah novel twist dari sebuah layanan video chat berkelompok yang biasanya terdapat pada jejaring sosial, dan sangat jelas mendapat respon yang sangat positif dari komunitas pengguna Google+.

Begini cara kerjanya: kalian klik tombol “Start a hangout” yang terletak di sebelah kanan pada halaman Stream. Kemudian akan muncul sebuah chat window di mana kalian dapat mengecek dan memilih mic kalian dan siapa saja yang bisa bergabung pada sesi Hangout kalian tersebut (baik itu individual atau Circles). Ketika Hangouts sudah bekerja, teman kalian akan menemukan Hangouts kalian di halaman Stream mereka. Mereka dapat bergabung dengan Hangout kalian hingga maksimal 10 orang.

Jika kalian belum pernah menggunakan Google Talk sebelumnya, maka kalian akan diharuskan untuk meng-install sebuah software sebelum sebuah Hangouts bekerja dengan baik.

SVP bidang Sosial Google, Vic Gundotra, membandingkan Hangouts seperti seorang teman yang duduk di halaman dengan mengetok pintu tetangga. Beberapa orang mau saja pergi ke rumah tetangga dan mengetuk pintunya untuk memulai sebuah percakapan, tapi jika kalian melihat seorang teman yang sedang duduk di halaman rumahnya dan Anda lewat di depannya, hampir tidak sopan untuk tidak singgah dan mengucapkan salam. Gundrota beranggapan bahwa one-on-one video chat adalah mirip dengan mengetuk pintu tetangga, sementara Google+ Hangouts seperti seorang teman yang sedang duduk di halamannya.

Ketika kalian melakukan Hangouts, kalian akan menyadari beberapa hal. Pertama, kalian akan menyadari bahwa video berganti dari satu orang ke orang yang lain. Ini berdasarkan dari siapa yang sedang berbicara pada microphone-nya. Kalian dapat meng-hover (menempatkan kursor) pada seorang teman untuk menampilkannya pada layar utama, juga kalian dapat baik itu melaporkan atas penyalahgunaan atau me-mute mereka.

Me-mute seseorang akan mendiamkan mereka kepada semua orang yang ada di Hangouts tersebut, paling tidak hingga ia “unmutemic-nya sendiri. Pengguna juga dapat me-mute video mereka sendiri. Hangouts juga menyediakan layanan fitur group text chat (mirip dengan Google Talk).

Fitur keren lain dari Hangouts adalah penggunanya dapat secara bersamaan menonton sebuah video YouTube. Pengaturannya memungkinkan Anda untuk mengatur mic, kamera dan pengaturang video lainnya.

Kesembilan: Photos

Google+ datang dengan produk album foto yang khusus dibuat untuk Google+ itu sendiri, dijalankan oleh teknologi di balik Picasa, yang juga milik perusahaan Google. Dengan mengklik tab Photo pada bagian atas halaman Google+ kalian akan menampilkan foto terbaru yang diunggah oleh teman-teman kalian, juga dengan jumlah banyaknya komentar yang setiap foto telah terima. Dengan mengklik foto tersebut akan menampilkan sebuah slideshow dengan komentar yang paling baru pada sebelah kanan dan foto-foto dari teman yang lainnya di bagian bawah.

Menggunakan navigasi pada slideshow hampir sama dengan slideshow di tempat lain. Klik pada sebuah foto untuk memperbesar dan melihat melihat komentar yang ada di dalamnya. Atau klik di sebelah foto untuk berpindah ke foto yang lainnya (sebelah kanan untuk ke foto yang selanjutnya, kiri untuk foto yang sebelumnya). Pada slideshow ini juga kalian dapat men-tag diri kalian sendiri atau seorang teman pada sebuah foto. Atau juga kalian dapat mengecek detil-detil seperti tipe kamera apa yang digunakan dalam mengambil foto tersebut.

Bagian lain dari Photos memungkinkan kalian untuk melihat foto-foto yang ter-tag untuk kalian. Di sini juga kalian dapat menyetujui atau menolak tag foto tersebut. Tidak ada foto yang akan menampilkan nama kalian sampai kalian menyetujuinya terlebih dahulu.

Fitur lainnya pada Photos adalah memungkinkan kalian untuk mengunggah beberapa foto dan membuat album. Dengan mengklik tombol “Upload New Photos” pada sisi kanan atas (pada halaman Photos, tentunya), kalian dapat membuat album foto hanya dengan drag and drop foto yang ingin kalian unggah ke browser kalian. Setelah terbuat, kalian dapat membagi album tesebut dengan Circles kalian, dengan individu atau dengan publik. Album akan tetap private hingga kalian memutuskan untuk membaginya.

Setelah terunggah, kalian dapat meng-edit foto kalian langsung di Google+. Editor berbasis browser tersebut juga memilki fitur-fitur simpel dalam meng-edit foto seperti cross processing, auto contrast dan efek hitam-putih. Kalian juga bisa memutar (rotate) gambar tersebut atau menghapusnya secara keseluruhan.

Satu lagi, setiap foto yang kalian unggah melalui kolom berbagi di Stream akan secara otomatis masuk ke dalam sebuah album yang disebut “Photos from posts,” tersedia di bagian “Your albums” di halaman Photos.

Kesepuluh: Privacy

Pada halaman pengaturan Google+ (tersedia jika kalian mengklik icon mata rantai pada bagian atas bar hitam), kalian dapat mengubah semua pengaturan privacy kalian. Dari tab “Account overview”, kalian dapat mengubah password, mengaktifkan beberapa akun untuk sign in (sebuah fitur advance untuk para pengguna yang memiliki lebih dari satu akun Google) dan juga menghapus profil dan/atau akun Google kalian.

Pada tab “Profile and privacy”, kalian dapat menggali lebih dalam tentang pengaturan privacy yang kalian inginkan. Di sini, kalian bisa mengatur batas-batas yang dapat mengakses setiap bagian dari profil kalian, juga mengatur Circles, mengubah batas-batas jaringan, menyesuaikan pengaturan foto kalian, atau mengunjungi Google Privacy Center. Google+ juga memiliki fitur di mana kalian dapat melihat profil kalian dari persepektif, misalnya, ibu atau teman kalian. Ini merupakan fitur yang berguna untuk memberitahu kalian secara tepat bahwa konten yang kalian anggap pribadi betul-betul bersifat pribadi.

Pada halaman pengaturan ini juga kalian memiliki pilihan untuk mengubah notifikasi e-mail dan nomor ponsel, begitu juga dengan pilihan untuk mengubah bahasa yang digunakan dan menghubungkan akun sosial lainnya dengan profil Google+ kalian. Fitur ke depan yang dibuat oleh Google adalah untuk membuat Google Search lebih baik dari profil Google+ kalian.

Akhirnya, Google keluar dengan data liberation. Pada bagian ini, Google memberikan pilihan kepada para penggunanya untuk mengambil semua data pribadi mereka (termasuk Stream post, foto, dan sebagainya) dari database Google. Pilihan ini diberikan Google kepada penggunanya yang ingin menghapus segala data pribadinya yang terkait dengan produk-produk Google yang telah dipakainya. Fitur export ini dijalankan oleh Google Takeout.

Kesebelas: Mobile

Google memiliki salah satu sistem operasi mobile terpopuler di dunia, yaitu Android. Jadi tidak mengherankan jika Google+ langsung memiliki aplikasi mobile-nya sendiri dalam sistem operasi Android. Tepat pada tanggal 16 Juli 2011, Google+ resmi memiliki aplikasi mobile-nya, walaupun sudah ada versi mobile web-nya terlebih dahulu yang kemudian disusul dengan versi iOS yang sampai saat ini hanya tersedia untuk device iPhone. Aplikasi di iOS ini hampir mirip dengan versi Android-nya.

Aplikasi mobile Google+ secara relatif tidak ribet. Aplikasi tersebut memiliki 5 icon yang berbeda-beda dan sebuah bar notifikasi. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mengakses Stream kalian, juga mengambil dan mengunggah foto, melihat dan meng-update profil dan juga mengatur Circles kalian.

Ada dua fitur yang spesial dari Google+ versi aplikasi mobile ini. Pertama, fitur yang disebut sebagai Huddle, yang mana berupa layanan group chat. Huddle memungkinkan kalian untuk membentuk satu grup dari teman kalian dan dapat mengirim dan menerima teks secara bersamaan. Yang kedua adalah sesuatu yang disebut “Instant Upload.” Fitur ini akan secara otomatis mengambil foto yang baru kalian ambil dan mensinkronkannya dengan yang ada di komputer kalian. Ini sangat memudahkan kalian berbagi foto yang kalian unggah ketika kalian sampai di rumah.

Foto-foto tersebut akan terunggah ke dalam album foto yang bersifat pribadi yang mana kalian dapat mengaturnya dan membaginya sesuai dengan keinginan kalian. Banyak fitur lain yang terdapat di dalam aplikasi mobile Google+ ini. Dengan berkembangnya layanan Google+ maka bisa dipercaya bahwa Google akan segera menambahkan fitur-fitur lain ke dalam aplikasi ini.

Keduabelas: What’s Next?

Google menyebut Google+ sebagai proyek karena mereka meyakini bahwa Google+ memang masih jauh dari selesai. Produk tersebut baru berumur beberapa minggu dan memiliki banyak bugs yang perlu diperbaiki. Diduga Google+ berikutnya akan mengeluarkan dua fitur baru.

Yang pertama adalah fitur Questions,  yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengambilan suara dari teman mereka, mirip Quora atau Facebook Questions. Yang kedua dan yang lebih menarik adalah Google+ Games, sebuah produk yang digosipkan sedang dalam tahap pengembangan sejak Google berinvestasi lebih dari $100 juta pada Zynga, perusahaan yang membuat FarmVille dan beberapa permainan lainnya.

Terlebih dari itu semua, nampaknya jejaring sosial Google tersebut akan berkembang secara bertahap dalam rangka memenuhi permintaan penggunanya dan “membuat perhitungan” dengan Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

Follow me on Google+: +Muhammad Syafei

NB: Tulisan ini adalah 90% hasil dari translasi manual oleh penulis yang diambil dari artikel berbahasa Inggris milik Mashable.com yang bisa diakses di sini. Artikel tersebut diakses pada tanggal 27 Juli 2011 pukul 2.46 AM dan telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi artikel ini. Segala perubahan pada artikel tersebut  setelah penulisan artikel ini tidak akan ditambahkan pada artikel ini, melainkan akan ditulis pada tulisan lainnya.

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s