Balotelli Dengan Trik Yang Gagal

Apa yang ada di benak Mario Balotelli waktu dia memutuskan untuk memutar badannya dan melakukan tendangan dengan tumit belakang kakinya? Menyepelekan situasi?

Pertandingan persahabatan antara Manchester City dengan tuan rumah LA Galaxy sempat dibikin sedikit heboh dengan aksi Balotelli yang mencoba menendang bola ke gawang dengan back-heel-nya. Ketika dia lolos dari hadangan satu pemain belakang LA Galaxy, dia tinggal berhadapan dengan kiper dan dengan sengaja memutar badannya untuk melakukan trik back-heel tersebut.

Dengan aksi yang gagal menembus gawang lawan itu pun, pelatih Manchester City, Roberto Mancini, langsung mengganti Balotelli dengan James Milner, padahal pertandingan baru memasuki menit ke-30 di babak pertama. Mancini menganggap bahwa Balotelli menyepelekan situasi yang dihadapinya, mengingat pertandingan yang dijalaninya adalah pertandingan persahabatan. Sontak Mancini kesal dengan perbuatan Balotelli tersebut dan langsung menggantinya tanpa kompromi.

Ini adalah video cuplikan tayangan kejadian tersebut. Bagaimana Balotelli mencoba melakukan triknya.

Edin Džeko yang tidak jauh berdiri dari dia juga memperlihatkan respon yang kecewa atas tindakan yang dilakukannya. Setelah diganti, Balotelli sempat berdebat dengan pelatihnya yang membuat suasana makin memanas di bench Manchester City.

Dalam komentarnya yang diberikan setelah pertandingan selesai, Roberto Mancini kecewa dan marah terhadap Balotelli. Mancini menganggap bahwa dalam pertandingan apa pun, dalam kondisi apa pun, seorang pemain profesional harus bersikap profesional. Mancini juga mengatakan bahwa tindakan yang diambilnya tersebut (mengganti Balotelli) pada akhirnya akan menjadi pelajaran untuk Balotelli ke depannya agar semakin dewasa dalam mengambil tindakan di atas lapangan.

Mungkin sebagai pelatih, Mancini sangat perhatian dengan masalah mental seperti ini. Balotelli dianggapnya masih sangat muda, yang jika dibiarkan berkembang bukan dengan cara yang baik maka dia tetap akan bersikap seperti itu di masa mendatang. Peran pelatih memang sangat besar di sini dalam pengembangan seorang pemain.

Mengenai tendangan back-heel, seorang Roberto Mancini juga pernah melakukan trik tersebut waktu masih bermain bersama Lazio melawan Parma pada saat itu, tapi tidak persis dengan trik yang dilakukan Balotelli di pertandingan kemarin, tekniknya berbeda. Lihat videonya di sini. Malah Mancini melakukannya di pertandingan resmi, kemungkinan di pertandingan Liga Italia (kalau bukan Copa Italia).

Saat ini Balotelli baru berumur 20 tahun dan ini bukan tindakan tidak profesional pertama dari pemain ini. Waktu masih berbaju Internazionale Milan, terakhir Balotelli diusir dari lapangan oleh wasit dengan memberikannya kartu merah setelah dengan sengaja menendang kaki Fransesco Totti pada saat timnya melawan AS Roma.

Sebenarnya Mario Balotelli adalah pemain yang luar biasa dalam hal skill individu, tapi untuk sukses dalam karir sebagai profesional, tidak hanya skill yang dibutuhkan melainkan mental dan sikap yang dewasa. Seperti pendapat Mancini, “in football you always need to be professional, always serious, and in this moment he wasn’t professional.

Tapi mungkin cerita bakal lain jika Mario Balotelli berhasil melakukan triknya dan menempatkan bola masuk ke gawang LA Galaxy, seperti yang dilakukan Mancini muda waktu Lazio berhadapan melawan Parma dalam rekaman video tersebut. Siapa tahu?

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s