Laporan Pertandingan Semi-Final Leg 1 Liga Champion: Real Madrid vs Barcelona

Kurangnya pilihan di lini belakang Barcelona membuat pelatih Pep Guardiola memainkan Puyol, yang sudah bisa dimainkan setelah hukuman akumulasi kartu, di sebelah kiri yang mana ditinggalkan oleh Abidal, Maxwell dan Adriano karena cedera. Sehingga posisi bek tengah Barcelona diisi oleh Pique dan Mascherano yang sering bertukar posisi dengan Busquets di lini tengah.

Kehilangan pilar seperti Anders Iniesta membuat Pep memilih Seydou Keita untuk mengisi peran Iniesta menemani Xavi di lini tengah Barcelona. Sementara Real Madrid tidak banyak dihadangkan dengan masalah absennya pemain mereka. Khedira cedera dan Carvalho menjalani masa hukuman akumulasi kartu. Posisi Khedira di lini tengah Madrid diisi oleh Lass Diara sementara Carvalho di lini belakang digantikan oleh Raul Albiol. Sama dengan partai el clasico sebelumnya, yaitu final Copa Del Rey, Mourinho tidak memasang striker murni di lini depannya, melainkan memasang Ozil, Di Maria serta C. Ronaldo yang berperan lebih “striker“.

Barcelona memulai permainan dengan tempo yang pelan. Lebih bersabar dalam melakukan possesion. Xavi Hernandez mendapatkan kesempatan pertama dengan melakukan tendangan first time, jatuh tepat di pelukan Casillas. Kemudian C. Ronaldo mendapatkan kesempatan melakukan tendangan dari luar kotak penalti namun masih jatuh di pelukan Victor Valdes. Permainan dikuasai Barcelona, hingga menit ke-15 Barcelona menguasasi 82% dari ball posession. Strategi Mourinho yang cenderung bertahan dan menunggu lawan masuk ke daerahnya sempat membuat pertandingan menjadi sedikit tidak memiliki gairah.

Xabi Alonso diposisikan oleh Mourinho lebih dalam ketimbang Pepe yang lebih di depan, peran Alonso di lini tengah jelas untuk dengan secepatnya mengirim bola ke depan demi melakukan serangan balik, tapi itu jarang terjadi di pertandingan ini. Duo bek sayap Barcelona, Dani Alves (kanan) dan Puyol (kiri) tidak banyak melakukan overlap sehingga barisan belakang Barcelona terhindar dari serangan balik Madrid yang mengandalkan kecepatan dari Di Maria (kiri) dan C. Ronaldo (kanan).

Pada menit ke-17 C. Ronaldo sempat frustasi dengan permainan posession football Barcelona, siulan dari penjuru stadion Bernabeu juga menandakan bahwa para Madridistas pun frustasi dengan gaya permainan Barcelona. Strategi Barcelona ini membuat pertandinga tidak memiliki banyak peluang yang berbahaya. Beberapa kali David Villa, yang diposisikan di sebelah kanan, langsung menusuk ke tengah dan melakukan tendangan namun selalu gagal. Hingga pada menit ke-33 Barcelona masih unggul ball posession sebanyak 80%.

Madrid bukan tanpa ancaman. Gerakan Angel Di Maria dari sebelah kanan pertahanan Barcelona sering membuat peluang bagi Real Madrid. Baru pada menit ke-40 terjadi insiden klasik pertandingan besar, Arbeloa menjatuhkan Pedro yang sedang lari padahal tidak sedang membawa bola, kartu kuning untuk Arbeloa, pertandingan memanas. Tidak lama sejak insiden tersebut, tepatnya menit ke-44, giliran Dani Alves yang diganjar kartu kuning oleh wasit Wolfgang Stark karena menjatuhkan Angel Di Maria. Pada menit tambahan waktu pertama, C. Ronaldo melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang langsung ditepis oleh Valdes, diteruskan oleh Ozil, namun Ozil sudah berada dalam posisi offside terlebih dahulu. Babak pertama usai, skor imbang 0-0. Barcelona memimpin ball posession 71% berbanding 29%.

Terjadi insiden kecil saat para pemain sedang berjalan masuk ke ruang ganti, kiper cadangan Barcelona, Pinto, bersitegang dengan salah satu staff dari Real Madrid, hasilnya Pinto langsung dikartu merah oleh wasit.

Sebelum kick off babak kedua, Adebayor dimasukkan mengganti Mesut Ozil yang bermain tidak dalam performa terbaiknya. Sering kehilangan bola dan out of posession. Adebayor dimasukkan dengan harapan dapat menggedor pertahanan Barcelona dengan ancaman yang lebih serius. Babak kedua dimulai, Pedro kembali mengisi posisi aslinya di sebelah kanan Barcelona bertukar posisi dengan David Villa. Pedro sempat melakukan penetrasi terhadap Marcello dengan mengandalkan kecepatannya namun selalu masih gagal. Pada menit ke-49, C. Ronaldo kembali mendapat peluang dengan melakukan tendangan mengarah ke gawang namun masih jatuh tepat di pelukan Victor Vades. Tensi pertandingan kembali memanas setelah Sergio Ramos diganjar kartu kuning oleh wasit karena menjatuhkan Lionel Messi, hasilnya Ramos dipastikan tidak akan bermain pada leg ke-2 karena akumulasi kartu. Kemudian pada menit ke-57 giliran Mascherano yang mendapatkan kartu kuning setelah melanggar Pepe beberapa meter di depan kotak penalti. Pertandingan makin panas dengan dilanggarnya Dani Alves oleh Pepe yang langsung berbuah kartu merah. Karena tidak setuju dengan keputusan wasit, pelatih Jos Mourinho yang terlalu banyak memprotes juga dikartu merah dan diharuskan untuk menyaksikan sisa pertandingan dari bangku penonton.

Menit ke-65 pelanggaran makin sering terjadi. Kedua kubu saling melakukan pelanggaran. Namun sepenuhnya pertandingan masih dikuasai oleh Barcelona. Kesempatan untuk Barcelona datang dari Xavi yang bermain impresif sebagai jendral lapangan tengah memberikan operan pendek kepada David Villa, kemudia David Villa mengecoh Arbeloa dengan satu sentuhan dan menembakkan tendangan keras mengarah langsung ke Casillas namun masih dapat ditepis, bola terpantul mengarah ke Pedro yang langsung menyundulnya namun masih melebar di tiang jauh.

Menit ke-71 Pedro akhirnya keluar digantikan oleh Ibrahim Afellay. Unggul jumlah pemain membuat Barcelona lebih mudah mengembangkan permainannya. Dani Alves sudah berani maju membantu serangan namun usahanya masih selalu gagal. Sampai pada menit ke-76 akhirnya Lionel Messi menyarangkan gol kesepuluhnya dalam 11 pertandingan bersama Barcelona di Liga Champion. Berawal dari pergerakan Afellay dari sisi kiri pertahanan Real Madrid, dia sukses mengelabui Marcello dan mengirimkan umpan cantik ke tengah kotak penlati yang dengan gesit disambar oleh Messi.

Pertandingan makin seru. Real Madrid lebih terbuka dalam melakukan serangan tapi masih selalu gagal. C. Ronaldo tidak dapat berbuat banyak karena dikawal ketat oleh Carlos Puyol di sisi kiri pertahanan Barcelona. Begitu juga Lass Diara dan Xabi Alonso yang kurang berkontribusi banyak dalam skema penyerangan Madrid. Madrid sungguh kehilangan Pepe yang rajin membantu serangan. Frustasi pun dirasakan oleh Adebayor yang puncaknya dia mendapat kartu kuning setelah melanggar Busquets yang main kucing-kucingan” dengan Pique dan Alves.

Lionel Messi lagi-lagi menunjukkan keahliannya dalam menggocek bola dengan melewati 4 pemain Real Madrid sekaligus, Lass Diara, Albiol, Ramos dan terakhir Marcello semua dilewatinya yang akhirnya melepaskan temabakan ke gawang Casillas dan tidak dapat dihalau. 0-2 Barcelona unggul. Dengan gol itu pula Messi mencatat golnya yang kesebelas dari 11 pertandingannya bersama Barcelona di Liga Chmapion musim ini. Menit ke-90 David Villa digantikan oleh pemain muda bernama Sergei Roberto. Permainan tidak banyak berubah hingga akhirnya wasit Wolfgang Stark, yang memimpin pertandingan dengan baik walaupun tidak sempurna, meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga el clasico jilid 4 musim ini. Kali ini Barcelons menang 0-2 dari Real Madrid, sekaligus membawa 2 gol tandang yang berharga untuk lolos ke babak final Liga Champion musim ini.

Full Time Score Line: Real Madrid 0 – 2 Barcelona (Messi 76′, 87′)

Real Madrid: Casillas; Arbeloa, Sergio Ramos, Raul Albiol, Marcello; Lassana Diara, Xabi Alonso, Pepe; Ozil (Adebayor HT), Di Maria, C. Ronaldo.

Barcelona: Valdes; Dani Alves, Busquets, Pique, Puyol; Mascherano, Xavi, Keita; Pedro (Afellay 71′), Messi, David Villa (S. Roberto 90′).

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s