Laporan Pertandingan Semi-Final Leg 1 Liga Champion: Schalke vs Manchester United

United datang ke Auf Schalke Arena dengan membawa predikat unggulan, sementara tuan rumah Schalke berada di semi-final sebagai tim kuda hitam.

Absennya Berbatov dan Fletcher bagi United tidak terlalu berarti, dengan kesuburan Hernandez dan tersedianya pemain tengah lain yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan Fletcher membuat Sir Alex tidak perlu pusing menentukan starting XI-nya. Sementara pelatih Schalke, Ralf Rangnick, tidak dipusingkan dengan pilihan pemain kecuali menunggu kondisi akhir dari beknya, Howedes, yang akhirnya tidak diturunkan dalam pertandingan.

Jalannya pertandingan:

Baumjohann melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang langsung mengarah ke Van der Sar dalam 30 detik pertama, menandakan Schalke bermain untuk tidak bertahan melawan United. Tapi setelah itu, hampir tidak ada peluang yang didapatkan Schalke untuk mengancam gawang United. Tendangan deflected Rooney di menit ke-3 mengancam gawang Schalke yang dikawal dengan baik oleh Manuel Neuer. Park-Ji Sung juga mendapatkan kesempatan menembakkan tendangan tapi masih ditepis Neuer. Menit ke-9 Farfan mendapatkan kesempatan namun tembakannya masih melebar.

Lini tengah Schalke sangat longgar sehingga dapat dengan mudah dieksploitasi oleh Carrick dan Giggs dengan bantuan Rooney yang sering turun membantu membangun serangan. United terus menggempur pertahanan Schalke yang juga rapuh di sayap. Bek sayap Uchida (kanan) dan Sarpei (kiri) tidak dapat berbuat banyak mengawal masing-masing Park Ji Sung dan Antonio Valencia. Pada menit ke-32 Schalke mencoba membangun serangan dengan umpan satu-dua tapi tetap gagal di kaki pemain bertahan dari United. Cristoph Metzelder mendapatkan kartu kuning di menit ke-34 setelah menarik  Wayne Rooney.

Manuel Neuer menjadi pahlawan Schalke di babak pertama dengan melakukan penyelamatan-penyelamatan gemilang dari 8 percobaan United yang mengarah ke gawang. Kesempatan Hernandez dan Giggs yang sudah berhadapan dengan dia masih bisa dimentahkan sehingga babak pertama skor tetap 0-0.

Di babak kedua permainan tidak banyak berubah. Lini tengah Schalke yang diisi oleh Papadopoulos dan Jurado tidak dapat mengimbangin Michael Carrick dan Ryan Giggs. Ancaman satu-satunya yang dimiliki Schalke adalah kecepatan dari seorang Farfan dari sisi kanan yang beberapa kali memanfaatkan kekosongan ruang yang ditinggalkan Patrice Evra. Namun babak kedua tetap dikuasai sepenuhnya oleh United. Sampai menit ke-53 belum juga ada gol yang tercipta, Baumjohann digantikan oleh Kluge. Menit ke-59 Fabio da Silva mendapatkan kartu kuning. Schalke mencoba memanfaatkan set pieces namun selalu gagal. Menit ke-65 Edu mencoba tendangan spekulasi dari luar kotak penalti namun masih jatuh tepat di pelukan Van der Sar.

Akhirnya pada menit ke-67 Ryan Giggs memecah kebuntuan United dengan membobol gawang Neuer, meneruskan umpan manis dari Wayne Rooney. Gol, 0-1 United memimpin. United bermain lebih lepas, pertahanan dan lini tengah Schalke makin rapuh yang membuat Giggs lagi-lagi mendapat kesempatan melakukan tendangan first time di luar kotak penalti menerima umpan dari Valencia dari sisi kanan.

2 menit setelah gol Giggs, Wayne Rooney mencetak golnya yang ke-3 dalam 8 pertandingannya bersama United di Liga Champion. Rooney mendapatkan trough pass yang pintar dari Hernandez membuat United unggul 0-2 atas tuan rumah.

Pelatih Rangnick menggantikan Sarpei yang bermain buruk di lini belakang dengan Escudero, sementara di waktu yang bersamaan Sir Alex Ferguson menggantikan Hernandez yang bermain impresif pada babak pertama dengan gelandang serang asal Brazil, Anderson, kemudian menggantikan Park Ji Sung dengan Paul Scholes.

Schalke terus mencoba menggempur United yang bermain dengan 5 gelandang, Farfan mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas namun masih melebar. Pada menit ke-82 pemain pengganti Kluge melakukan tendangan spekulasi dari luar kota penalti namun lagi-lagi masih jatuh tepat dalam pelukan Edwin Van der Sar. Menit ke-83 Jurado digantikan oleh Draxler di lini tengah, sementara Luis Nani masuk menggatikan Rooney.

Tidak banyak perubahan yang terjadi dalam permainan, Schalke mencoba menguasai pertandingan tetapi masih selalu gagal oleh barisan pertahanan United yang dikawal Vidic dan Ferdinand. United melakukan serangan balik dengan memeragakan umpan-umpan jauh namun masih gagal. Skor 0-2 untuk United menyudahi pertandingan melawan tuan rumah Schalke, di mana 2 gol tandang tersebut sangat berguna bagi United yang bisa dibilang sudah menaruh satu kakinya di final Liga Champion.

Final Time Score Line: Schalke 0 – 2 Manchester United (Giggs 67′, Rooney 69′)

Manchester United: Van Der Sar; Fabio, Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Giggs, Carrick, Park Ji Sung (Scholes 73′); Rooney (Nani 83′), Hernandez (Anderson 73′).

Schalke:  Neuer; Uchida, Matip, Metzelder, Sarpei (Escudero 72′); Farfan, Papadopoulos, Jurado (Draxler 83′), Baumjohann (Kluge 53′); Raul, Edu.

Tinggalkan jejak mu dengan berkomentar di sini!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s